b374k
v10
today : | at : | safemode : ON
> / home / facebook / twitter / exit /
name author perms com modified label

Home » SEJARAH BEATBOX Part : II

SEJARAH BEATBOX Part : II chadast rwxr-xr-x 0 22.00

Filename SEJARAH BEATBOX Part : II
Permission rw-r--r--
Author chadast
Date and Time 22.00
Label
Action

GENDANG MULUT( BEATBOX )
Part 2 : The Old Skool
Oleh White Noise diterjemahkan oleh TitzG


Introduction
Dengan menghiraukan fakta bahwa beatboxing adalah suatu element penting hiphop dan A Capella, beberapa orang masih kurang paham apa itu beatboxing!

Beatboxing adalah seni urban vokal perkusi, yang adalah peniruan bunyi2an drum dan patern ketukan dengan menggunakan bibir, lidah, mulut, tenggorokan, dan suara. Terkadang diasosiasikan dengan image seorang laki2 yg mengenakan topi dengan kedua tangannya yg mengepal dan tertempel pada mulutnya, meludah dan menciptakan suara2 yg indah.

Termin dan kondisi
Vokal Perkusi berarti menciptakan bunyi2an perkusi (termasuk bunyi drum) dengan menggunakan mulut. Seorang vokal perkusi tradisional dalam sebuah grup A Capella telah mencoba untuk menyamai bunyi2an drum asli.

Beatboxing adalah suatu bentuk vokal perkusi dimana sang seniman meniru bunyi2an "beatbox" atau mesin drum. Kini, seiring berkembangnya bentuk seni, para pelaku vokal perkusi menggunakan teknik2 beatboxing dan para beatboxer menggunakan teknik2 vokal perkusi - perbedaannya terletak pada style-nya. Para beatboxer kebanyakan menciptakan lebih banyak style2 musik urban, maka dari itu, beatboxing dapat juga disebut vokal perkusi urban.

Multivokalisme adalah termin yg digunakan untuk seniman yg menggunakan beatboxing, vokal scratching, nyanyi, MCing dan sajak pada penampilannya.

Darimanakah asal termin "beatbox"?
"HUman Beatbox" secara harfiah berarti mesin drum manusia dan beatbox berasal dari 2 kata " beat" "box".

Termin "beat" "box" digunakan sebagai kata slang untuk non-program mesin drum yang pertama disebut "rhythm machines". Sebagai contoh, "Roland TR Rhythm Series" seperti "TR-33","TR-55" yang di produksi pada tahun 1972. Kemudian digunakan untuk mengacu kepada jenis drum machines tertentu - yaitu seperti contoh Roland CR dan TR series terbaru dengan Roland CR-78 yg hadir di tahun 1978.

Namun bagaimana pun juga, mesin Rhythm pertama adalah "the Wulitzer Sideman" yg dibuat sekitar tahun antara 1959 dan 1964, yg hadir dalam bentuk kotak besar - jadi mungkin saja termin "beat box" muncul untuk mengacu pada mesin ini.


Pertama kali beatbox digunakan untuk mengacu kepada suatu rhythm machine adalah pada tahun 1970an dengan ELI CompuRhythm CR-7030 Beat Box.
========================

Dimana ini bermulainya?
Sejarah beatboxing masih kurang jelas. Hal ini bermula, seperti graffiti, mulai hadir dalam wujudnya sebagai suatu bentuk seni urban. Awal mula hiphop jelas diketahui - Dj memutar breakbeats dalam rekaman dengan rapping-an MCs di atasnya.Ketika para MC mulai rapping pada ketukan-ketukan mesin drum (beat box), di daerah Ghetto seperti Bronx, mesin-drum dan synthesisers tidak sanggup untuk dimiliki (alat sampling pada waktu itu mahal, bahkan juga musisi bayaran). Ketidakmampuan adalah awal suatu penemuan, dan tanpa adanya suplay beat dari mesin untuk rapping, sebuah instrument baru diciptakan - mulut- dan kemudian human beatbox lahir.

Tiga Raja di tahun 1980an
Di awal pertengahan tahun 80an, 3 nama hadir saling bertumpu sama lain - Darren 'Buffy' Robinson, Doug E Fresh dan Biz Markie.

Telah terjadi perdebatan hangat tentang siapa orang yang pertama, namun satu hal penting, yaitu pada tahun 1983, sebuah grup trio dari Brooklyn telah memenangkan kontes bakat di Radio City Music Hall. Trio tersebut, yg kemudian dikenal sebagai The Disco Three, yang terdiri dari Mark "Prince Markie Dee" Morales, Damon "Kool Rock-Ski" Wimbley, and Darren "Buff the Human Beat Box" Robinson.Mereka adalah The Fat Boys. Buff Love, atau yg lebih dikenal Buffy, membantu grup tersebut memenangkan kontes tersebut melalui kemampuannya memainkan mulutnya menciptakan rima-rima hiphop dan variasi dari segala efek suara. Hadiahnya? Kontrak dengan perusahaan rekaman. Menurut rumornya, grup tersebut bubar ketika akan meraih kejuaraannya yang kedua! Buffy terkenal akan kemampuan nafasnya antara kicks dan snares. The Fat Boys menikmati masa jayanya yang singkat. Akhirnya mereka bubar pada awal tahun 1990an. Sayangnya, pada tanggal 10 Des 1995, Darren "Buffy the Human Beat Box" Robinson meninggal dunia di Rosedale, NY karena serangan jantung.


Juga pada tahun 1983, Doug E Fresh (Doug E. Davis) mengawali debut solonya untuk sebuah spotlight yang bernama "pas the Budda" dengan Spoonie Gee and DJ Spivey meskipun Doug E. Fresh mengaku dia yang menciptakan human beatbox di tahun 1980. di tahun 1984, Doug muncul pada sebuah film klasik hiphop Beat Street alongside the Treacherous Three dan ini mengukuhkan dia sebagai salah satu beatboxer terbaik sepanjang masa. Doug dikenal akan gayanya yg istimewa, didukung dengan berbagai suara2 lainnya, yg sekarang dikenal "Clik-Rolls". Di tahun 1985, Doug E. Fresh bersama the Get Fresh Crew (MC Ricky 'Slick Rick' D, Barry Bee and Chill Will) meluncurkan album klasik hiphop double-A side, 'The Show/La Di Da Di'.


Di tahun 1985, juga dipopulerkan lebih jauh oleh Biz Markie. Meskipun seorang rapper, dia juga menggeluti human beatbox dan mulai me-eksplorasi bunyi seperti MCing diantara ketukan, inwards handclap dan tapping harmoni.

Dan dia menghilang lagi...
Beatboxing mengarungi fase gelombang melalui media album dan video namun kemudian hilang. Di tahun 1990an, hiphop tidak lagi menjadi pusat perhatian dan beatbox ditahan oleh anggapan orang akan suatu nilai pertunjukan sirkus.

Beatboxing/Vokal Perkusi muncul di jazz, dan menjadi dasar akan cikal bakal grup-grup A Capella menggunakan perkusi soft organic untuk mempertahankan tempo dalam track-nya.Bentuk seni ini menyebar perlahan dan diam-diam menyusup ke setiap genre, termasuk musik rock,"The Housejacks", dan seorang musisi Jazz, Bobby McFerrin, terus menunjukan kemampuannya didepan para penontonnya yg semakin bertambah.

Batasan-batasan Vokal juga ditepis oleh Michael Winslow, seorang Master Efek vokal. Mungkin kita mengenalnya lewat film Police Academy, yang melakukan banyak efek vokal, yang mungkin kita menganggapnya palsu. Dia juga mengisi vokal "behind the Camera Effects" untuk film-film seperti Back to the Future.

0 komentar:

Posting Komentar

Entri Populer

Wirausaha Kontak Jodoh Mobil Bekas Pasang Iklan Rumah
 

Jayalah Indonesiaku © 2010 Chadast (CHampur ADuk Asal Sama Rata)
VB (Vio b374k) Template design by p4r46hcyb3rn3t

MENU